Januari 28, 2023

Aplikasi Menghitung Biaya Membangun Rumah

Aplikasi Menghitung Biaya Membangun Rumah

Membangun rumah tentu membutuhkan banyak biaya dan memerlukan estimasi sebelum pelaksanaannya. Dengan memprediksi kemungkinan kebutuhan biaya, orang yang hendak membangun rumah dapat mengumpulkan uang terlebih dahulu hingga mencapai nominal target.

Aplikasi Penghitung Biaya

Mengira-ngira biaya yang akan terkuras untuk pembangunan rumah bisa tepat dan bisa tidak tepat. Apabila tidak tepat dapat menyebabkan perhentian pembangunan akibat kurangnya biaya. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu untuk menghitung biaya perkiraan membangun rumah.

Aplikasi Menghitung Biaya Membangun Rumah

  • Software RAB

Software RAB merupakan sebuah alat bantu berupa aplikasi sederhana MS EXCEL. Aplikasi ini akan memudahkan setiap orang yang ingin membangun rumah, meskipun sama sekali tidak memiliki keahlian dalam bidang bangunan atau arsitektur.

Kerja dari aplikasi adalah mengerjakan bagian perhitungan yang membutuhkan keahlian bangunan seperti menyelesaikan proses perhitungan Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Sebelum dapat memakai aplikasi, pengguna harus menyesuaikan harga satuan bahan bangunan dengan upah kerja.

  • Kalkulator Online

Berbagai faktor akan mempengaruhi biaya bangun rumah, beberapa di antaranya yaitu lokasi rumah, luas bangunan, jenis material, jumlah lantai, hingga jumlah ruangan. Untuk memudahkan perkiraan biaya dalam pembangunan rumah, seseorang bisa memanfaatkan kalkulator online.

Kalkulator online siap membantu menghitung biaya bangun rumah untuk membantu seseorang menyiapkan budget dengan tepat. Perhitungan tersebut sesuai dengan jenis bahan, luas tanah, jumlah ruangan, serta berbagai kriteria lain sesuai keinginan.

  • Komponen yang Mempengaruhi

Ada beberapa komponen yang bisa mempengaruhi biaya pembangunan rumah. Beberapa hal di bawah ini harus dipahami sebelum menggunakan aplikasi penghitung biaya bangun rumah secara online:

  • Biaya Material

Yang pertama yaitu biaya material. Biaya ini mencangkup berbagai hal seperti biaya batu bata, semen, keramik, hingga genteng. Biaya material dapat ditekan dengan beberapa tips pemilihan bahan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti yang ada dalam website https://plafon.id.  

Biaya material akan memakan pembayaran paling besar. Hal ini karena ada banyak material yang harus dibeli. Setiap satu jenisnya saja membutuhkan jumlah tidak sedikit, contohnya seperti batu bata, kerikil, genteng, dan semen.

  • Biaya Tenaga Kerja

Komponen kedua yang banyak berpengaruh pada pengeluaran bangun rumah adalah biaya tenaga kerja. Ada tiga sistem dalam pembangunan rumah, yaitu sistem harian, borongan jasa, dan borongan penuh. Ketiga sistem ini memberlakukan harga yang berbeda, tergantung pada penggunaannya.

Sistem harian biasanya mengenakan harga mulai dari Rp100.000 sampai Rp150.000 per harinya. Untuk sistem rombongan jasa biasanya mematok harga sekitar Rp600.000 hingga Rp800.000 per meter persegi. Sementara biaya borongan penuh adalah 3 sampai 5 juta per meter persegi.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai aplikasi penghitung biaya dan dua komponen yang sangat mempengaruhi biaya pembangunan rumah. Sebaiknya perincian bahan bangunan dan rencana tenaga kerja dilakukan sebelum memakai aplikasi penghitung biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *